Multiple Myeloma

Pengertian penyakit Multiple Myeloma



 

Multiple myeloma atau myeloma adalah jenis kanker yang menyerang sel plasma pada tulang sumsum penderita, yaitu ketika pertumbuhan jumlah sel myeloma lebih banyak dari jumlah sel darah sehat. Sehingga, alih-alih memproduksi protein penghasil antibodi pencegah infeksi penyakit, sel kanker ini justru memproduksi protein abnormal yang akhirnya merugikan.

Sel kanker ini dapat menyerang dan menyebabkan gangguan pada bagian tubuh lain, seperti ginjal dan tulang.
Kasus multiple myeloma menempati 200/1000, dianggap sebagai keganasan kedua yang paling umum dari darah. Hal ini terjadi pada orang tua, 50-65-tahun adalah tingginya insiden usia, usia onset dalam beberapa tahun terakhir di muka. Insiden laki-laki daripada perempuan, laki-laki untuk perempuan adalah rasio 1.6:1. Dengan bertambahnya usia, kejadian multiple myeloma akan meningkat pada kehidupan masyarakat dan kualitas hidup sudah merupakan suatu kerugian semakin serius, orang tua tidak boleh diabaikan keganasan hematologi. Insiden multiple myeloma dan ras ada sesuatu yang sedikit lebih tinggi insiden tingkat kulit hitam.

Multiple myeloma termasuk kanker ganas yang berasal dari sel plasma, yakni sejenis sel darh putih yang diproduksi di sumsum tulang. Pada dasarnya sel plasma berfungsi untuk menghasilkan antibodi yang melawan infeksi dan kanker.

Sel myeloma dapat tumbuh subur di sumsum tulang sehingga kondisi tubuh penderita akan mengalami masalah seperti nyeri tulang, anemia, patah tulang, imunitas menurun, gejala penyakit hypercalcemia, insufisiensi ginjal, dan penyakit ini menyerang pria dan wanita, 

Tumor sel plasma (plasmasitoma) paling banyak ditemukan di tulang panggul, tulang belakang, tulang rusuk dan tulang tengkorak.
Kadang mereka ditemukan di daerah selain tulang, terutama di paru-paru dan organ reproduksit.

Sel plasma yang abnormal hampir selalu menghasilkan sejumlah besar antibodi yang abnormal dan pembentukan antobodi yang normal berkurang. Sebagai akibatnya, penderita lebih mudah terkena infeksi.

Pecahan dari antibodi yang abnormal seringkali terkumpul di ginjal, menyebabkan kerusakan dan kadang menyebabkan gagal ginjal.
Endapan dari pecahan antibodi di dalam ginjal atau organ lainnya bisa menyebabkan amiloidosis.
Pecahan antibodi abnormal di dalam air kemih disebut protein Bence-Jones


Sel-sel Myeloma
Myeloma, seperti kanker-kanker lain, mulai pada sel-sel. Pada kanker, sel-sel baru terbentuk ketika tubuh tidak memerlukan mereka, dan sel-sel yang tua atau rusak tidak mati ketika mereka harus mati. Sel-sel ekstra ini dapat membentuk massa dari jaringan yang disebut pertumbuhan atau tumor.

Myeloma mulai ketika sel plasma menjadi abnormal. Sel yang abnormal membelah untuk membuat salinan-salinan dari dirinya sendiri. Sel-sel yang baru membelah berulang-ulang, membuat semakin banyak sel-sel abnormal. Sel-sel plasma abnormal ini disebut sel-sel myeloma.

Pada waktunya, sel-sel myeloma berkumpul dalam sumsum tulang. Mereka mungkin merusak bagian yang padat dari tulang. Ketika sel-sel myeloma berkumpul pada beberapa tulang-tulang anda, penyakitnya disebut “multiple myeloma“. Penyakit ini mungkin juga membahayakan jaringan-jaringan dan organ-organ lain, seperti ginjal-ginjal.

Sel-sel myeloma membuat antibodi-antibodi yang disebut protein-protein M dan protein-protein lain. Protein-protein ini dapat berkumpul dalam darah, urin, dan organ-organ.

Semoga Bermanfaat :)



This Is The Oldest Page
Facebook Comments

0 komentar



This Is The Oldest Page